Antologi Ilmu Dokumentasi Baru



Dokumentasi sering dikatakan sudah kuno. Benarkah demikian? Dunia internasional pada 2003 menengarai munculnya gerakan dokumentalis baru (neo-documentalist movement) yang membangun Documentation Academy serta pertemuan tahunan yang dikenal dengan nama DOCAM. Dari rangkaian pertemuan tahunan itulah lahir Ilmu Dokumentasi Baru.

Kappa Sigma Kappa Indonesia (KSKI) adalah kelompok studi yang fokus pada pembelajaran dan pengembangan Konsep dan Ilmu Dokumentasi Baru (IDB). Sejak September 2018, beberapa anggota melakukan studi dan diskusi bersama, maupun mandiri dengan pilihan tema pribadi. Hasil studi dan diskusi tersebut dihimpun menjadi sebuah terbitan berjudul: Antologi Ilmu Dokumentasi Baru. 

Antologi ini berisi bahasan antara lain tentang: Neo-Documentation Movement, Document Academy, Document Theory, Suzanne Briet & Antelope, School of Documentation Studies, Documentation in a Complementary Perspective, Document Archeology, Document Discourse Analysis, Document Phenomenology, Physical and Social Aspect of Document, and Document as Research Instrument.

Para penulis adalah anggota KSKI. Antara lain: Rahmi, Ph.D; Dian Novita Fitriani, M.Hum; Suprayitno, M.Hum; Khusnul Khatimah, S.I.P.; Ayu Yuli Wijayanti, SIP; Rusdan Kamil; dan Blasius Sudarsono.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Lanjut tentang Integrasi Dokumentasi

Mengantar ke Gerbang Kemerdekaan Berpikir tentang Ilmu Dokumentasi

Strategi Membangun Budaya Literasi di Era Digital