Simposium Logika Dokumentasi

CALL FOR THOUGHTS

SIMPOSIUM LOGIKA DOKUMENTASI: MULTI-PERSPECTIVES DOCUMENTATION

Editor: Rahmi, Ph.D


Dokumentasi merupakan cabang ilmu sejak Paul Otlet (salah satu pelopor ilmu perpustakaan dan internet) menerbitkan kumpulan esai yang berjudul, "Traite de Documentation". Pustakawan Perancis, Suzanne Briet, juga memaparkan tulisan tentang Dokumentasi yang berjudul "Quest-ce qu la documentation?". Namun, sejak tahun 1950, dokumentasi telah dilupakan. Tidak hanya di Indonesia, bahkan juga di Amerika.

Tahun 2016, LIPI PRESS menerbitkan sebuah buku berjudul "Menuju Era Baru Dokumentasi" (MEBD) yang ditulis oleh seorang begawan kepustakawanan dan dokumentasi di Indonesia, Blasius Sudarsono. Semenjak bekerja di lembaga dokumentasi, beliau selalu dihantui pertanyaan, "Apakah ada ilmu dokumentasi itu? Dan bagaimana ilmu tersebut diterapkan?". Pertanyaan tersebut berlanjut hingga beliau purna tugas dan menemukan sebuah perkembangan bahwa ada sekelompok ilmuwan yang bergabung dalam Document Academy (DOCAM), yang mengembangkan ide menarik tentang dokumen dari sisi akademis. Seluruh perjalanan hidup dan hasil kajian beliau dituliskan dalam buku MEBD, yang menjadi salah satu masterpiece-nya.

Oleh karena itu, Kappa Sigma Kappa Indonesia (KSKI) mengajak seluruh pembaca untuk ikut berdiskusi kembali mengulas buku tersebut dan memulai mendiskusikan berbagai ulasan dan tanggapan kritis yang konstruktif untuk membangun wacana pengembangan Ilmu Dokumentasi Baru (IDB). Buku dapat diulas dengan beragam perspektif untuk yang disesuaikan dengan minat dan fokus kajian para pembaca. Ulasan dapat dikupas dari sudut pandang disiplin Ilmu Perpustakaan dan Informasi (LIS), Kearsipan, Kepustakawanan, Museum, dan lainnya; maupun dalam sudut pandang non-LIS seperti Budaya, Filsafat, Sosiologi, Komunikasi, Teknologi, dan lainnya.

Setiap pengulas akan dibimbing selama beberapa pekan dan mendiskusikan hasil tulisan. Setiap ulasan akan dikomentari kembali oleh Blasius Sudarsono sehingga terbentuk sebuah ruang dialog antara pegulas dan penulis. Kami berharap dari kegiatan ini dapat menerbitkan sebuah publikasi yang akan diedit langsung oleh Rahmi, Ph.D.

Jika pembaca tertarik mengikuti dapat menghubungi Rusdan Kamil (rusdankamil10@gmail.com) maupun narahubung yang terdapat dalam poster.

Catat tanggal pentingnya. 

            Pendaftaran                          : 6 – 13 Maret 2020

            Pengarahan Pengulas           : 14 – 15 Maret 2020

            Menulis Tanggapan              : 16 Maret – 17 Mei 2020

            Tanggapan Penulis               : 18 Mei – 30 Juni 2020

            Simposium                           : Agustus 2020 (tanggal menyusul)

            Editing dan Publikasi           : September 2020 sampai selesai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebih Lanjut tentang Integrasi Dokumentasi

Strategi Membangun Budaya Literasi di Era Digital

Mengantar ke Gerbang Kemerdekaan Berpikir tentang Ilmu Dokumentasi